Kamis, 07 Oktober 2010

Berbagi Tips Info Seputar Bisnis Online Buat Pemula, Sewa Hosting Murah, Hostgator, Tips Wordpress

Berapa Lama Blog Terindex Google

Google seolah sudah menjadi patokan kesuksesan dalam SEO walau sebetulnya masih ada lagi beberapa search engine yang harus diperhatikan seperti Bing misalnya, tapi entah kenapa hanya google yang sering dibahas, setiap membaca artikel tentang SEO atau Backlink ujung-ujungnya yang menjadi target adalah google.
Bahkan google seolah sudah menjadi perimadona, ini terbukti dengan banyaknya orang yang membuka jasa SEO, yang menjanjikan “Keyword” atau “Blog kita bisa menempati posisi no 1 di google atau setidaknya bisa masuk 10 besar google, kadang saya bingung dengan jasa seperti ini, coba bayangkan berapa banyak orang yang bersaing dengan keyword sama misalnya “Make Money Online“. Kemudian mereka membeli produk baik ebook atau software SEO atau menggunakan jasa SEO yang sama, lalu siapa yang akan menang dan muncul di posisi teratas google ?

Seperti itulah kenyataannya, google seperti menjelma menjadi penguasa internet, walau sebetulnya masih banyak sumber traffic selain google, seperti Twitter, Facebook, Stumble Upon dll. Saya pernah membaca beberapa blogger profesional yang lebih mengandalkan situs pertemanan dan social bookmarking sebagai sumber traffic, dan hasilnya ribuan pengunjung perhari bisa mereka dapatkan, jadi memang bukan cuma google satu-satunya sumber traffic.
Walau begitu, terindex google biasanya menjadi tolok ukur pertama terhadap search engine, biasanya ketika blog mulai terindex google, perlahan tapi pasti search engine lain akan mengikuti, dengan kata lain jika blog sudah banyak terindex google dan menempati posisi bagus, maka blog kita akan muncul juga di beberapa search engine lain, walau kenyataannya lebih sulit.

Berapa Lama Blog Terindex Google

Sampai sekarang untuk masalah yang satu ini memang agak sedikit membingungkan karena memang ada beberapa faktor yang mempengaruhi google index. Terindex google saya kategorikan menjadi 2 bagian yaitu :
  1. Terindex pertama kali saat blog / domain baru dibuat.
  2. Terindex setiap postingan / artikel baru.
Saya bedakan menjadi 2 karena biasanya walau domain sudah teridex google tapi tidak semua artikel ikut terindex, ini biasanya untuk domain / blog yang baru.
Proses google index bervariasi, untuk domain baru saya pernah terindex langsung hanya dalam 2 jam, dan artikelnya pun yang baru 1 langsung terindex,  dan pernah juga membutuhkan waktu 17 jam sebelum domain saya terindex google, dan ada juga yang membutuhkan waktu berhari-hari.

Bagaimana Agar Cepat Terindex Google

Setiap orang yang baru menulis artikel baru atau bahkan memiliki domain baru pasti ingin cepat terindex google, lalu bagaimana caranya agar cepat terindex oleh google ?. Ini beberapa pengalaman saya tentang google index dan setelah diperhatikan ada beberapa faktor yang mempengaruhi lama atau cepatnya terindex google :
  1. Banyak atau tidaknya backlink yang menuju domain maupun artikel.
    Kalau mau cepat terindex google jawabannya cari backlink sebanyak-banyaknya, bisa melalui berkomentar di blog dofollow, atau memberikan link langsung dalam artikel dari blog lain yang sudah terindex google dengan baik. Kebiasaan saya setelah membuat blog baru, setelah selesai menulis 1 artikel saya langsung cari backlink satu arah melalui komentar di blog dofollow atau yang menggunakan comment luv. Jarang sekali saya daftarkan ke directory maupun ke google dengan cara “add url”. Kenapa berkomentar di blog dofollow berpengaruh, karena google crawl akan mengikuti link tesebut dan menuju ke blog kita dengan begitu google dengan senang hati ikut membaca isi blog kita dan hasilnya akan cepat terindex google, cara ini lebih tokcer dibanding mendaftarkan blog ke google (add url) atau ke social bookmarking. Kesimpulannya perbanyak link masuk dengan cara:
    • Komentar di blog dofollow atau yang menggunakan comment luv.
    • Jika punya blog yang sudah terindex google dan sering update barikan link didalam artikel baru anda, kemudian optimalkan keduanya, jadi selain mencari backlink untuk blog baru anda juga cari backlink untuk blog pendukung anda (blog lama)
  2. Sering atau tidaknya blog diupdate.
    Jangan terlena ketika blog sudah terindex google, sering-seringlah update secara berkala untuk menjaga google bot selalu kembali ke blog kita. Dari pengalaman pribadi, beberapa blog yang terlalu lama saya tinggalkan biasanya akan sulit lagi terindex google walau sudah berhari-hari saya tulis artikel tetap saja tidak mau terindex google, kalau sudah begini harus kembali melakukan cara No.1 dan ditambah dengan menyebarkan artikel melaui social bookmarking, kalau untuk blog Indonesia saya biasa menggunakan Lintas berita.
Itulah beberapa pengalaman saya tentang google index, ingat Pagerank tidak berpengaruh sama sekali dengan google index. Saya memiliki 1 domain PR2 dan sudah lama tidak saya update, akibatnya setelah berhari2 menulis artikel tidak juga terindex google, begitu juga dengan domain PR3 saya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...